Apakah Batuk Rejan itu MENULAR?

Apakah Batuk Rejan itu MENULAR?

Batuk Rejan atau yang biasa disebut pertusis adalah infeksi saluran pernafasan, gejalanya diawali dengan demam dan batuk ringan. Selama batuk ini terjadi, suara rejan akan terdengar saat penderita menghela nafasnya. Biasanya usia anak-anak lebih parah terkena batuk rejan dibanding dengan usia dewasa. Batuk rejan ini biaanya diikuti oleh muntah atau nafas terasa berhenti sekejap.

Penyebab batuk rejan adalah bakteri sehingga berpotensi mewabah dan mudah menular. Bakteri menyebar melalui udara pada saat penderita mengeluarkan batuk dan bersin. Gunakanlah sapu tangan untuk menghambat penyebaran bakteri ini saat Anda batuk dan segera mencuci tangan.


Perawatan

Para dokter akan memberikan resep antibiotic agar batuk dapat hilang lebih cepat dan menghentikan penyebaran batuk ini dari satu orang ke orang yang lain, khususnya kepada usia balita.

Penderita batuk rejan diharapkan tetap tinggal di rumah dan menjaga kontak dengan orang lain.

Bagi bayi dibawah usia 1 tahun disarankan dirawat di rumah sakit karena dikhawatirkan bisa menyebabkan pneumonia dan masalah sakit lainnya.

Apabila batuk Anda tidak segera pulih, sebaiknya perbanyaklah istirahat dan minum air putih yang banyak untuk menghindari dehidrasi. Andapun bisa mandi dengan air hangat untuk menyegarkan badan dan bernafas lebih mudah.

Hindari asap rokok atau area sejenisnya dimana udara tersebut tidak bersih dan terkontaminasi.

 

Pencegahan.

Untuk melawan batuk rejan ini lakukan vaksinasi yang dapat dilakukan pada usia dini atau sebelum usia sekolah. Minimal 5 kali pemberian vaksin yang direkomendasikan pada usia 6 tahun.  Namun pada usia remaja dan dewasa bisa dilakukan booster vaksinasi. Konsultasikan hal ini kepada dokter Anda.

 

 

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Alamat Hermina Office Tower
Tower B Lantai 15

Jl. Selangit B-10 Kav.4 Kemayoran --
Jakarta Pusat 10610 --
Indonesia
Telepon 021-3970-8636
Whatsapp 081316653244
Email arssi.pusat@gmail.com

Google Maps